cocoon[IF12/08]
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tips Memilih Tablet untuk Bisnis dari Cisco

Pasar konsumer TI di dunia dan Indonesia mulai dipenuhi dengan berbagai macam dan tipe produk komputer tablet. Para manager TI berhadapan dengan banyak sekali pilihan perangkat yang dapat mendukung mobilitas mereka, dan jelas sekali bahwa komputer tablet dapat menjadi lebih dari sekedar endpoint. Untuk itulah, mengapa komputer tablet dapat menjadi perangkat yang bermanfaat untuk mendukung bisnis secara signifikan.

Berdasarkan masukan dari pelanggan Cisco, berikut adalah beberapa poin yang perlu dipertimbangkan oleh para manager TI bila ingin mengimplementasikan penggunaan komputer tablet di dalam perusahaan:

* Keamanan. Ketika mengimplementasikan penggunaan komputer tablet secara menyeluruh dalam perusahaan, para manager TI harus mempertimbangkan bagaimana perangkat tersebut dapat menyediakan keamanan kelas bisnis – termasuk enkripsi, otentifikasi perangkat, keamanan saat terkoneksi di jaringan kabel mau pun jaringan nirkabel, dan konektifitas VPN.

* Mendukung Kolaborasi. Para pengguna tablet untuk perusahaan harus dapat dengan mudah menggunakan aplikasi kolaborasi, seperti komunikasi suara kelas bisnis, konferensi dalam berbagai bentuk, Instant Messaging (IM), presence, email, dan kolaborasi tim secara virtual dari satu perangkat mobile.

* Administrasi & Manajemen Enterprise. Para administrator TI dapat menyederhanakan administrasi dan pengelolaan penggunaan komputer tablet di perusahaan dengan mempertahankan pemakaian sistem komunikasi yang dipakai internal, memastikan interoperabilitas dengan perangkat lain, serta provisioning untuk mendukung skalabilitas.

* Interoperabilitas Komunikasi Video. Untuk mendukung komunikasi bisnis, karyawan memerlukan komputer tablet yang tidak hanya mendukung video mobile yang dipakai dalam internal perusahaan, tetapi seharusnya juga mendukung interoperabilitas dengan solusi video multi-vendor dan standard video seperti H.264.

* Kemampuan Komputasi yang Kuat. Untuk penggunaan bisnis, komputer tablet harus memiliki kekuatan pemrosesan yang memungkinkan pemakaian dan berbagi pakai data, sekaligus juga untuk membuat dan mengedit konten. Dengan kekuatan seperti itu, pengguna dapat merasakan pengalaman penggunaan dekstop yang sepenuhnya melalui komputer tablet.

* Tersedia di Awan. Virtualisasi dekstop memungkinkan Anda untuk meng-host aplikasi software secara fleksibel dan aman di data center dan menggunakan jaringan untuk menghantarkan aplikasi-aplikasi tersebut sebagai layanan, kapan pun dan di mana pun. Lingkungan yang tervirtualisasi ini harus dapat diteruskan secara mulus ke perangkat-perangkat mobile, termasuk komputer tablet.

* Open Source. Komputer tablet untuk perusaaan yang menggunakan platform terbuka, seperti OS Android, dapat memanfaatkan komunitas pengembang Android yang sedang tumbuh untuk menyediakan aplikasi produktifitas kelas bisnis.

Sumber : Chip Online
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 09 September 11 - 13:09 WIB
Dalam Kategori : CISCO
Dibaca sebanyak : 966 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback